Adu Gontok Honor Vs Xiaomi Selasa Depan, Ini yang akan Hadir

Lusa, Selasa (6/11), akan menjadi hari ‘menegangkan’. Betapa tidak, dua vendor smartphone asal Tiongkok akan ‘beradu gontok’ pada hari yang sama dengan jam yang sama pula. Ya, merekalah Honor dan Xiaomi.

Entah siapa yang memulai terlebih dahulu, yang jelas pada hari tersebut akan menjadi perhelatan akbar bagi kedua brand untuk melahirkan produk terbaru. Untuk Honor sudah jelas. Brand yang masih saudara dengan Huawei itu bakalan merilis Honor 8X. Sementara Xiaomi masih abu-abu.

Untuk Xiaomi sendiri, spekulasi yang beredar menyebut bahwa merek yang digawangi Lei Jun itu akan merilis Xiaomi Note 6 Pro. Bukan hanya satu, dalam undangan yang beredar dan postingan Instagram resminya, Xiaomi Indonesia akan merilis produk lainnya yang diduga adalah Xiaomi Mi 8 Lite. “Not just Redmi Note 6 Pro,” demikian bunyi postingan Xiaomi di stories Instagramnya.

Terkait momen sengit, Selasa (6/11) mendatang, Honor dan Xiaomi bahkan telah saling sindir di sosial media masing-masing. Seakan tak ada yang ingin mengalah, keduanya ingin menunjukkan siapa yang terkuat dan dapat merebut hati konsumen smartphone tanah air.

Untuk Honor 8X, seperti pernah JawaPos.com beritakan sebelumnya, smartphone tersebut hadir dengan beragam keunggulan yang seharusnya dapat memikat hati konsumen. Urusan jeroan misalnya.

Honor 8X, Honor 8X Indonesia, Xiaomi Honor adu gontokHonor 8X (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Menurut laman GSMArena, Honor 8X membawa panel layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16 M colours dengan bentang 6,5 inci. Resolusinya sendiri sebesar 1.080 x 2.340 piksel dengan 19,5:9 aspect ratio (396 ppi density).

Honor menyematkan jagoan terbarunya ini dengan prosesor Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) Kirin 710. Selain chipset teranyar yang disebut-sebut setara dengan Qualcomm Snapdragon 660, Kirin 710 juga diklaim lebih unggul dari Snapdragon 636.

Sementara pada sektor kamera SBOBET, terdapat dua kamera terpasang di bagian belakangnya yang bertindak sebagai kamera utama dengan fitur AI. Ukurannya yakni 20 MP dan 2 MP dengan bukaan f/1.8. Sementara kamera depannya berukuran 16 MP dengan aperture f/2.0.

Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Indonesia, Xiaomi Honor adu gontokXiaomi Mi 8 (Gizmochina)

Beralih ke produk kompetitor yakni Xiaomi. Untuk yang sudah dipastikan hadir berdasarkan undangan resminya, yakni Redmi Note 6 Pro. Xiaomi Redmi Note 6 Pro hadir dengan sorotan utama empat buah kamera. Dua di depan dan dua di belakang. Xiaomi Redmi Note 6 Pro hadir dengan layar LCD Full HD Plus IPS 6,26 inci yang memiliki rasio aspek 19:9 dan resolusi 1080 x 2280 piksel.

Smartphone ini didukung Qualcomm Snapdragon 636 untuk urusan jeroan. Sementara untuk aspek kamera perangkat ini memiliki kamera ganda di belakang dengan sensor 12 MP dan 5 MP, juga pengaturan ganda di bagian depan dengan sensor kamera 20 MP dan 2 MP. Sama seperti Honor 8X, smartphone ini memiliki kemampuan berbasis kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI).

Penasaran dengan kelanjutan adu gontok dua brand tersebut pada Selasa (4/11) mendatang? Nantikan artikel kelanjutannya di kanal Teknologi JawaPos.com.

Raup Penjualan Rp 33 M dalam Waktu 3 Menit, Ini Jurus Realme 2 Pro

JawaPos.com – Setelah memecahkan rekor penjualan online perdana Realme 2 di Indonesia yang terjual 15.000 unit hanya dalam waktu 10 menit, rekor baru juga telah dipecahkan oleh Realme pada penjualan online perdana Realme 2 Pro di Lazada Indonesia.

Realme 2 Pro berhasil terjual sebanyak 10.600 unit atau senilai lebih dari Rp33 miliar dalam waktu kurang dari tiga menit. Realme 2 Pro adalah salah satu produk yang disiapkan oleh Realme untuk bersaing di pasar Asia, termasuk Indonesia.

“Ini adalah pencapaian terbaru kami setelah berhasil menjual 15.000 unit Realme 2 hanya dalam 10 menit di Indonesia. Kami berharap antusiasme masyarakat Indonesia, terutama anak muda di Indonesia untuk produk kami tetap tinggi karena kami percaya bahwa kami telah merancang smartphone yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” kata Josef Wang, Marketing Director of Realme SEA, dalam keterangan resmi di Jakarta.

Josef mengaku telah melakukan penelitian ekstensif selama bertahun-tahun sehingga pihaknya memiliki strategi produk yang lebih jelas dari merek smatphone lainnya mengenai produk smartphone seperti apa yang diinginkan oleh anak muda.

“Izinkan saya kembali mengucapkan selamat kepada SBOBET Indonesia Realme yang telah berhasil meluncurkan Realme 2 Pro di LazMall. Smartphone ini telah terjual habis dalam waktu kurang dari 3 menit di penjualan online perdananya,” ujar Alessandro Piscini, CEO Lazada Indonesia.

Mulai dari harga Rp 2.899.000, Realme 2 Pro dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 660 paling terjangkau di dunia. Pada harga ini, pembeli akan mendapatkan varian 4GB + 6GB. Model 6GB + 64GB dihargai Rp 3.299.000 dan 8GB + 128GB dihargai Rp 3.699.000, dengan spesifikasi lainnya yang tetap sama.

Sebagai informasi, Realme 2 Pro hadir dalam tiga pilihan memori: 4 GB RAM + 64 GB ROM, 6 GB RAM + 64 GB, dan opsi penyimpanan 8 GB RAM + 128 GB. Baterai ponsel 3500mAh pada Realme 2 Pro memiliki fitur AI Sleep Mode yang disebut dapat mengetahui pola penggunaan smartphone dan mematikan aplikasi yang berjalan di background sehingga Realme 2 Pro dapat digunakan selama satu hari penuh.

Smartphone ini memiliki layar Dewdrop notch 6.3 inci beresolusi FHD+ dengan aspek rasio 19,5: 9 dan rasio screen-to-body mencapai 90,8 persen. Desain Realme 2 Pro terinspirasi oleh desain alam yang dinamakan desain ‘Dewdrop’ yang menghadirkan kedalaman, transparansi dan detil yang tinggi.

Realme 2 Pro mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 660AIE yang memiliki performa tinggi dan konsumsi daya rendah, GPU Adreno 512, dan hub sensor Qualcomm All-Ways Aware ™ dan HVX, serta mesin AI bawaan memberikan pengalaman AI yang nyata.

Ponsel ini menggunakan sistem operasi Color OS 8.1 berbasis Android 8.1 5.2 AI yang hadir dengan fitur dasar yang lebih baik serta dioptimalkan untuk memfasilitasi penggunaan sehari-hari. Realme 2 Pro hadir dengan konfigurasi kamera belakang ganda 16MP yang dilengkapi dengan sensor Sony IMX398 dengan fokus ganda, aperture F1.7 dan lensa 6P sedangkan kamera sekunder bertugas mengukur jarak spasial objek yang difoto dalam mode portrait.

Sedangkan kamera depan 16MP dan aperture sebesar F2.0 diklaim mampu menangkap lebih banyak cahaya, memastikan foto selfie yang lebih khas; Realme 2 Pro menghadirkan fitur baru AI beauty 2.0 yang secara tepat mengenali 296 titik identifikasi wajah dan menawarkan 8 juta pilihan efek beautification yang dapat dipersonalisasikan.

(uji/JPC)

Samsung Galaxy S10 Diklaim Punya Performa Menakjubkan, Ini Bocorannya

JawaPos.com – Setelah beberapa bocoran soal paten layar, kini aspek performa Samsung Galaxy S10 tengah jadi perbincangan. Bicara soal performa pada perangkat Galaxy ‘S’ Series memang bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, sebagai perangkat flagship, sudah barang tentu Samsung menyematkan jeroan mumpuni pada perangkat papan atas besutannya.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman TechRadar, Senin (19/11), dari sisi performa, Samsung Galaxy S10 disebut akan menggendong chipset kelas wahid dengan performa menakjubkan. Ada dua kemungkinan, seperti biasa, Samsung selalu menggunakan dua prosesor berbeda untuk flagship-nya itu tergantung pada market yang dituju.

Pertama prosesor besutan Samsung sendiri, yakni Exynos 9820 dan kedua Qualcomm Snapdragon 855. Kedua merek prosesor itu adalah yang paling umum dikenakan Samsung. Untuk pasar Indonesia sendiri, Samsung acap membawa Galaxy ‘S’ Series-nya bersama jeroan Exynos. Untuk Exynos 9820 dikabarkan bahwa System on Chip (SoC) itu bakalan memiliki kemampuan yang akan menjadi pesain dari Apple A12 Bionic dan Hisilicon Kirin 980 milik Huawei.

Exynos 9820, Samsung Exynos 9820, Prosesor Exynos 9820Render konsep Galaxy S10. (TheVerge)

Exynos 9820 sendiri adalah chipset octa-core dengan dua core kustom yang diklaim dirancang untuk kekuatan pemrosesan akhir, dua core Cortex-A75 dibuat untuk memberikan kinerja optimal, dan empat core Cortex-A55 dirancang untuk efisiensi lebih besar. Masuk ke dalam angka-angka, kinerja inti tunggal dari prosesor tersebut dikatakan dapat mencapai 20 persen lebih baik daripada dengan Exynos 9810 yang ditemukan di Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy Note 9. Aspek angka lainnya, efisiensi daya dapat ditingkatkan hingga 40 persen dengan kinerja multi-inti hingga 15 persen lebih baik.

Exynos 9820 juga diklaim memberikan dorongan besar untuk bermain game. Samsung mengklaim GPU Mali-G76 MP12-nya menawarkan peningkatan 40 persen dalam kinerja gaming atau efisiensi daya 35 persen lebih banyak. Hal lain yang perlu diperhatikan tentang Exynos 9820 adalah bahwa ia menyertakan Neural Processing Unit (NPU) terpadu yang memungkinkannya untuk melaksanakan tugas kecerdasan buatan (AI) lebih dari tujuh kali lebih cepat dari pendahulunya. Chipset ini mendukung display dengan resolusi hingga 3840 x 2400 atau 4096 x 2160, kamera lensa tunggal hingga 22 MP, lensa ganda 16 MP, dan perekaman video 8K pada 30 frame per detik.

Beralih ke kemungkinan kedua, Samsung juga menggandeng Qualcomm sebagai pabrikan prosesor untuk mentenagai Galaxy ‘S’ Series di beberana negara seperti Amerika Serikat dan Eropa. Prosesor tersebut dikatakan tak kalah gahar dibandingak Exynos 9820. Bahkan untuk fabrikasinya, Qualcomm Snapdragon 855 unggul dengan 7nm ketimbang Exynos 9820 yang masih 8nm.

Urusan performa, Qualcomm Snapdragon 855 juga kedapatan muncul dalam laman pengujian benchmark AnTuTu dengan skor fantastis. Ya, Snapdragon 8150 atau bakal Snapdragon 855 muncul dalam platform AnTuTu dengan skor rata-rata 362.292 poin. Angka tersebut berhasil mengungguli Apple dengan A12 Bionic-nya yang hanya mampu menorehkan skor sebesar 353.210. Sementara Kirin 980 yang sesumbar dengan performa terkuat di antara kompetitor kala itu nyatanya hanya berhasil mencetak skor 273.913.

(ryn/JPC)

Sukses di Festival Belanja 11.11, Infinix Buka Rahasia Penjualannya

JawaPos.com – Festival belanja 11.11 atau Single Day pekan lalu, tampaknya membuat sejumlah vendor smartphone semringah. Salah satunya Infinix Indonesia yang mengaku sukses menjual produk unggulannya. Malahan angka penjualan diklaim melejit hingga 3 kali lipat dibanding sebelumnya saat festival belanja 9.9, September 2018 lalu.

Dalam keterangan tertulisnya, Infinix menyebut bahwa ketika festival belanja 11.11 di Lazada dimulai, Official Store Infinix menggunakan tema ‘Slash It’. Infinix memberikan potongan harga spesial hingga 94 persen untuk berbagai produk unggulannya.

Produk tersebut adalah Infinix Smart 2, Infinix Hot 6 Pro, Infinix Note 4 dan Note 4 Pro, juga produk flagship Infinix yakni Infinix Zero 5. Tidak hanya harga itu, Infinix Indonesia juga eksklusif memberikan harga spesial untuk dua produk andalannya, yaitu Infinix Hot S3X dan Infinix Quiet 1.

Infinix, Infinix Festival Belanja 11.11, Infinix Rahasia PenjualanSmartphone murah berponi, Infinix Hot S3X yang pernah JawaPos.com ulas. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Assistant Country Manager Infinix Indonesia Agus Supangat mengatakan, Infinix tidak hanya memberikan harga yang terjangkau, namun juga memaksimalkan kualitas produk dari segi spesifikasi. “Intensitas persaingan semakin ketat. Infinix menyadari itu dengan strategi harga murah dan spesifikasi tinggi pada setiap inovasi produknya,” ujarnya dalam keterangan resminya kepada JawaPos.com, Jumat (16/11).

Dengan strategi tersebut, lanjut Agus, Infinix meyakini akan tetap mendapatkan tempat di hati para pelanggan setianya. “Menghadirkan layanan premium untuk memanjakan para pengguna juga menjadi faktor penting,” imbuhnya.

Lebih jauh, dengan memfokuskan target pasarnya kepada generasi muda, Infinix mengaku akan selalu update dengan tren teknologi yang sedang diminati anak muda, serta menghadirkan fitur-fitur kekinian dalam setiap inovasi yang diciptakan. Begitu juga dengan komunikasi yang baik antar Infinix dengan konsumen atau X-Fans untuk menerima masukan dan pendapat mereka kepada Infinix Mobile melalui sosial media ataupun secara langsung.

Selain berfokus kepada kualitas produk, Infinix juga terus mendorong penjualan online dengan meramaikan berbagai campaign istimewa yang diadakan para pemain E-commerce. Salah satu kampanye yang baru saja diramaikan Infinix adalah kampanye 11.11 di Lazada yang sukses terselenggara pada 11 November lalu dengan grand prize satu unit smartphone Infinix.

(ryn/JPC)

Smartphone Lipat Samsung Galaxy F Mahal Banget, Segini Prediksinya

JawaPos.com – Samsung mengungkap rancangan smartphone lipat besutannya pekan lalu. Dengan nama Galaxy F, smartphone tersebut memang belum resmi dirilis. Namun, omong-omong soal harga, perangkat revolusioner itu dikatakan bakal memiliki harga sangat mahal.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman TheVerge, Selasa (13/11), kabar soal harga smartphone foldable itu mencuat oleh sebuah laporan dari Kantor Berita Yonhap di Korea Selatan(Korsel). Dalam laporannya, mereka menyebut bahwa Samsung Galaxy F yang dapat dilipat akan memiliki harga setidaknya USD 1.770 atau setara Rp 26,2 jutaan. Mahal sekali, bukan?

Harga tersebut memang bukan harga akhir alias masih rumor semata. Namun melihat teknologi yang ada pada perangkat yang dapat di lipat-lipat seperti amplop itu, banyak pihak yang tidak heran dan menyebut harga tersebut wajar melihat keunikan perangkat Galaxy F tersebut.

Samsung Galaxy F, Samsung Smartphone Lipat, Samsung Galaxy F HargaPenampakan smartphone Galaxy F kala tidak sedang dilipat. (Nick Statt/The Verge)

Untuk banderol segitu, konsumen yang tidak tertarik dengan perangkat tersebut mungkin bisa mengalihkan uangnya untuk membeli perangkat iPhone XS Max paling mahal. Pasalnya, harga Rp 26,2 jutaan memang terbilang masih kembali untuk membeli iPhone XS Max varian tertinggi yang hanya memiliki harga sekitar Rp 21,4 jutaan saja.

Tidak hanya soal harga, Kantor Berita Yonhap juga melaporkan bahwa Samsung Galaxy F diharapkan bisa meluncur pada Maret tahun depan. Jika benar, acara peluncuran Galaxy F akan sedikit lebih lambat dari peluncuran smartphone Samsung Galaxy S berikutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bicara teknologi, smartphone lipat Samsung Galaxy F sebenarnya hadir dengan dua layar terpisah untuk membuat ponsel pintar yang dapat dilipat. Layar tersebut berada satu di bagian dalam dan satu layar yang lebih kecil di bagian luar. Pada bagian dalam, Samsung menyematkan layar berukuran 7,3 inci dengan resolusi 1.536 x 2.152 piksel.

Dengan layar seukuran tablet itu, pada bagian tengah ditanamkan material serupa engsel fleksibel yang memungkinkan smartphone dapat dilipat. Jika layar bagian dalamnya ditekuk dan menutup, maka layar kecil di bagian punggungnya akan menyala untuk menampilkan layar kedua pada perangkat tersebut. Bagian ini disebut sebagai Cover Display.

Seperti penyebutannya (Cover Display), layar tersebut akan berfungsi sebagaimana ukuran smartphone pada umumnya dengan bentang seluas 4,58 inci dengan resolusi 840 x 960 piksel. Layar kedua ini juga diapit oleh bezel yang lebih besar di bagian atas dan bawah dibandingkan dengan tampilan internal. Meskipun terlihat sangat gempal, Samsung mengatakan perangkatnya ini akan benar-benar menakjubkan.

(ryn/JPC)

Honor 8X Vs Redmi Note 6 Pro, Pantaskah Honor Jadi ‘Xiaomi Killer’?

JawaPos.com – Dua brand smartphone pekan ini terlibat ‘perang dingin’. Dialah Honor Vs Xiaomi yang kedapatan menghelat acara peluncuran produk terbaru secara bersamaan di Jakarta, Selasa (6/11). Xiaomi menjagokan Redmi Note 6 Pro dan Mi 8 Lite, sementara Honor tak ingin kalah dengan merilis Honor 8X.

Ada yang menarik dari kedua acara yang juga JawaPos.com sempat hadiri itu. Xiaomi tampak tenang menggelar acara di waktu yang hanya terpaut satu jam lebih awal dari rivalnya Honor. Tidak ada komentar atau tanggapan lain menyoal hari dan jam peluncuran yang sama dengan Honor. Sementara Honor tampak lain. Brand smartphone yang baru hadir di Indonesia secara resmi awal tahun lalu itu agaknya ‘geram’.

Disampaikan Presiden Honor Indonesia James Yang bahwa Xiaomi yang menggelar acara bersamaan sempat membuat dirinya dan tim kesal. Dalam sebuah sesi media usai acara peluncuran, James bahkan berani menyebut bahwa Xiaomi Redmi Note 6 Pro tak cukup bagus untuk menandingi kehebatan Honor 8X besutannya.

Ya, Honor 8X Vs Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Honor 8X Vs Xiaomi Mi 8 Lite tidak disinggug James dan akan kami bahas di lain kesempatan.

Tertarik membandingkan kedua produk tersebut, JawaPos.com mencoba meniliki lebih jauh kedua produk andalan vendor Tiongkok di market tanah air itu. Honor menjagokan desain, jeroan, dan aspek visual memukau dengan teknologi layarnya. Sementara Xiaomi dengan Redmi Note 6 Pro, smartphone tersebut mengusung keunggulan swafoto dengan kehadiran dua kamera selfie di bagian depan smartphone.

Lalu, benarkah Honor 8X dapat menjadi senjata dalam ambisi Honor menjadi ‘Xiaomi Killer’? Simak ulasannya berikut ini.

Dapur Pacu

Untuk memulai ulasan tersebut, kami akan melangkah pertama kali ke urusan dapur pacu. Oh iya, sebagai pengingat, kami sudah memiliki kedua smartphone tersebut. Namun untuk ulasan lebih jauh dari perspektif pengalaman penggunaan akan kami lakukan di kemudian hari. Untuk artikel kali ini, yang kami nilai hanya melihat pada perbandingan spesifikasi dari kedua produk yang ada.

Untuk Honor 8X, smartphone ini dipersenjatai dengan System on Chip (SoC) HiSilicon Kirin 710 dengan teknolgi fabrikasi 12 nm. Berbekal chipset tersebut, smartphone Honor 8X digadang-gadang mampu menangani hampir segala aspek penggunaan ponsel oleh si empunya nanti. Chipset yang disebut setara dengan milik kompetitor yakni Snapdragon 636 dan 660 yang juga hadir di kedua perangkat Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan Mi 8 Lite ini membuat Honor semakin yakin dapat meng-handle dominasi Xiaomi di tanah air.

Prosesor Octa-core Kirin 710 sendiri memiliki keandalan 4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53. Smartphone Honor 8X yang hadir di Indonesia juga dipadukan dengan RAM dan penyimpanan internal, yakni 4 GB RAM dan 128 GB internal storage. Terdapat pula GPU Turbo yang menjanjikan grafis lebih mumpuni dengan padanan hardware grafis Mali-G51 MP4.

Memori internalnya belum cukup besar bagi kamu? Tenang, Honor memberikan keleluasaan dengan kemungkinan upgrade penyimpanan hingga 400 GB lewat slot MicroSD yang ada pada perangkatnya itu.

Bergeser ke produk kedua, Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Smartphone tersebut dibekali dengan prosesor Octa-core 1.8 GHz Kryo 260 Snapdragon 636 dengan fabrikasi 14 nm. Chipset besutan Qualcomm itu didukung dengan dua pilihan kapasitas dalam RAM yaitu, 3 GB dan 4 GB. Masing-masing memori internalnya, yakni 32 GB dan 64 GB yang dapat diperluas dengan MicroSD. Urusan grafis, Snapdragon 636 ditandemi dengan GPU Adron 509 untuk mengimbangi performa dari Redmi Note 6 Pro.

Untuk segi performa, kedua smartphone tersebut masing-masing memiliki keunggulan. Namun untuk aspek jeroan, Honor agaknya berhasil membuat Xiaomi Redmi Note 6 Pro tunduk. Lihat saja untuk urusan penyimpananya.

Honor yang hanya hadir dengan satu varian penyimpanan langsung ‘menggebuk’ Xiaomi dengan 4 GB RAM dan 128 GB ROM. Sementara Xiaomi yang memiliki dua pilihan belum mampu menyamai Honor 8X dengan 3 GB dan 4 GB RAM bersama 32 GB dan 64 GB ROM.

Aspek lain dari urusan dapur pacu yang membuat Honor unggul adalah teknologi fabrikasi 12 nm pada prosesornya. Sementara Xiaomi dengan Snapdragon 636-nya hanya mampu hadir di fabrikasi 14 nm saja. Snapdragon 636 sendiri sudah mendukung fitur kecerdasan buatan atau artificial intellogence (AI). Begitu juga Kirin 710 sudah mendukung fitur tersebut. Sampai sini Honor 8X menang ketimbang Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Honor 8X, Honor Vs XiaomiXiaomi Redmi Note 6 Pro (GSMArena)

Desain dan Layar

Bergeser ke sisi selanjutnya, yakni sisi desain dan layar. Honor 8X, seperti sudah kami singgung di atas mengedepankan kebanggaan dari sisi desain. Memang, ini bukan kali pertama Honor datang ke Indonesia dengan keunggulan desainnya.

Dengan desain berkilauan dan warna mengkilat, Honor kini juga jadi trendsetter di antara vendor lainnya. Dari sisi layar, kesamaan kedua smartphone ini adalah sama-sama mengusung layar dengan poni atau notch.

Untuk urusan layar, Honor 8X hadir dengan panel layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16 M colours dengan bentang 6,5 inci. Resolusinya sendiri sebesar 1.080 x 2.340 piksel dengan 19,5:9 aspect ratio (396 ppi density). Lainnya, Honor 8X juga telah menggunakan teknologi Chip-on-Film (CoF) untuk membuat layarnya menjadi semakin lega dengan bezel tipis.

Faktor lain dari layar Honor 8X adalah telah menggunakan desain antena khusus yang ditempatkan di sisi sampingnya. Dengan teknologi tersebut, Honor mampu membuat bagian bezel bawah lebih tipis lagi yakni hanya 4,25 mm dan menghasilkan aspek rasio layar to body sebesar 91 persen.

Layar dari Honor 8X menariknya juga dibekali dengan sertifikasi TUV Rheinland. Berbekal sertifikat dari verifikator perangkat tersebut, Honor mengklaim layar smartphone teranyarnya itu semakin sehat bagi penggunanya. Sebab, layarnya diklaim mampu mereduksi efek sinar ultra violet (UV) yang berbahaya bagi mata dalam jangka panjang.

Beralih ke Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Sama seperti Honor 8X, perangkati ini hadir dengan material layar IPS LCD. Untuk ukuran layar, Xiaomi mengemas layar berukuran 6,26 inci dan memiliki poni juga di atasnya.

Untuk aspek rasio layar ke bodi, smartphone penerus Redmi Note 5 ini memiliki aspek rasio 86 persen ke bodi. Xiaomi Redmi Note 6 Pro hadir dengan kekuatan layar sama seperti Honor 8X, yakni FullHD Plus dengan resolusi 1.080 x 2.280 piksel dan aspek rasio 19:9. Layarnya dilapisis dengan antigores Corning Gorilla Glass. Tingkat kecerahan layarnya juga mampu ditampilkan, yakni 500 nits.

Faktor lain dari segi desain, antara Honor 8X dengan Xiaomi Redmi Note 6 Pro adalah desain pasar yang memiliki perbedaan signifikan. Honor 8X mengenakan desain bodi bekilauan dengan material belakang berlapis kaca. Honor 8X memiliki warna biru, hitam dan warna unggulan merah.

Sementara Xiaomi Redmi Note 6 Pro belum melakukan hal tersebut dengan bodi yang belum berkilauan dengan warna biru, hitam dan rose gold. Sekadar informasi, desain bodi berkilauan pada perangkat Xiaomi di Indonesia hadir di Xiaomi Mi 8 Lite.

Honor 8X, Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Honor Vs XiaomiHonor 8X (GeekBuying)

Kamera

Pada sektor kamera, terdapat dua kamera terpasang di bagian belakang bodi perangkat Honor 8X yang bertindak sebagai kamera utama dengan fitur AI. Ukurannya yakni 20 MP dan 2 MP dengan bukaan f/1.8. Sementara bertindak sebagai kamera selfie, pada bagian depannya terdapat sensor tunggal berukuran 16 MP dengan aperture f/2.0.

Honor 8X dengan kamera AI-nya diklaim bisa mengenali lebih dari 500 skenario dalam 22 kategori, untuk menghasilkan gambar jernih dengan teknologi penstabil berdasarkan pembelajaran mesin. Honor 8X juga dijagokan berkat fitur kamera yang optimal pada keadaan minim dan diakui oleh fotografer senior Arbain Rambey. Beberapa fitur menarik seperti slow-motion dan lainnya juga hadir pada perangkat ini.

Bergeser ke produk kedua, ada Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang hadir dengan dual kamera depan dan belakang. Untuk dual kamera belakangnya masing-masing beresolusi 12 MP (f/1.9) dan 5 MP (f/2.2). Lalu untuk dual kamera depannya beresolusi 20 MP (f/2.0) dan 2 MP (f.2.2). Kamera tersebut juga sudah didukung teknologi AI dengan 27 scene detection category untuk menghasilkan foto yang ciamik, serta teknologi AI untuk memotret bokeh menggunakan 6 efek.

Jika ukurannya jumlah, maka Xiaomi dengan Redmi Note 6 Pro menang berdasarkan jumlah kamera yang dibawanya, yakni sebanyak empat buah kamera. Dua di depan dan dua di belakang. Namun kedua produk ini agaknya dapat bersaing.

Penyuka street photography mungkin akan naksir dengan kamera utama Honor 8X dengan ukuran 20 MP dan 2 MP. Itu sudah cukup melampaui Redmi Note 6 Pro yang hanya memiliki kamera utama 12 MP dan 5 MP.

Namun bagi penyuka selfie, Redmi Note 6 Pro mungkin lebih cocok kamu pilih ketimbang Honor 8X berkat dua kamera selfienya yang beresolusi 20 MP plus 2 MP. Jadi, menurut kami, untuk urusan kamera mana yang lebih baik, sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Honor 8X, Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Honor Vs XiaomiTabel perbandingan Honor 8X dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Daya Baterai, Keamanan, dan Harga

Performa sudah, desain, dan layar sudah. Kamera juga sudah. Kini di penghujung artikel, giliran aspek baterai, keamanan, dan harga akan dibahas. Untuk urusan baterai, Honor 8X dibekali dengan baterai Non-removable Li-Po berkapasitas 3.750 mAh. Sementara untuk Xiaomi Redmi Note 6 Pro unggul dengan daya lebih gambot, yakni 4.000 mAh dengan material yang sama dengan Honor 8X.

Untuk fitur keamanan agaknya juga mirip. Beberapa fitur unggulan seperti sensor sidik jari, kunci perangkat dengan pendeteksi wajah juga ada pada kedua perangkat ini.

Terakhir untuk urusan kantong. Kedua smartphone dengan masing-masing keunggulannya ini dilepas dengan harga yang tak jauh berbeda. Honor 8X lebih mahal sedikit dari Redmi Note 6 Pro varian tertinggi.

Namun begitu, harga dari Honor 8X yang dilego di harga Rp 3,999 juta ini sesuai dengan spesifikasi yang ditanamkan. Harga segitu agaknya pantas jika membandingka Redmi Note 6 Pro yang dijual Rp 2,899 juta untuk RAM dan ROM 3/32 GB dan Rp 3,299 juta untuk varian paling high berbekal RAM dan ROM 4/64 GB.

Dengan harga segitu, kamu boleh menilai sendiri. Honor 8X dengan 4/128 GB apakah terlalu mahal ketimbang Xiaomi Redmi Note 6 Pro 4/64 GB atau tidak. Lainnya, tinggal sesuaikan lagi dengan kebutuhan kamu.

Honor 8X, menurut kami, cocok untuk kamu penyuka fotografi dengan kamera utama yang berukuran lebih besar dari Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Sementara bagi kamu si penyuka narsis, Redmi Note 6 Pro dengan kamera selfie ganda mungkin bisa jadi jawaban. Ya, jawabannya mana yang kamu butuhkan, itu yang sesuai dengan kamu.

(ryn/JPC)

Honor 8X Resmi Meluncur, Siap Rebut Pasar Xiaomi di Indonesia

JawaPos.com – Pasar smartphone di Indonesia tengah ramai hari ini, Selasa (6/11). Betapa tidak, dua pabrikan asal Tiongkok, Honor dan Xiaomi, sama-sama meluncurkan smartphone terbarunya. Xiaomi menghadirkan Redmi Note 6 Pro dan Mi 8 Lite, sedangkan Honor merilis Honor 8X.

Honor sendiri mengaku optimistis perangkat teranyarnya bisa merebut hati konsumen tanah air. “Kami cukup optimis bisa bersaing. Targetnya, adalah menjadi nomor 3 dalam tiga tahun, dan nomor 1 dalam lima tahun,” kata Presiden Honor Indonesia James Yang di sela-sela acara peluncuran Honor 8X di Jakarta, Selasa (6/11).

James Yang meyakini bahwa pasar smartphone di Indonesia sangat kompetitif. Karena itu, dia mengklaim Honor 8X hadir membawa kebaruan dan inovasi teknologi terkini dengan harga terjangkau. Kualitasnya pun disebut layak seperti smartphone flagship.

Honor 8X, Honor 8X indonesia, Honor dan XiaomiPresiden Honor Indonesia James Yang di acara peluncuran smartphone terbaru Honor 8X di Jakarta, Selasa (6/11). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

“Kebutuhan dan kepuasan konsumen menjadi fokus utama, maka itu kami memberikan produk berkualitas dengan teknologi terbaru dan memiliki harga yang terjangkau. Bisa dibilang harga murah, kualitas mewah,” katanya.

Honor pun digadang-gadang bakal menjadi pesaing berat Xiaomi di pasar ponsel Indonesia. Meski baru resmi meramaikan pasar Indonesia mulai tahun ini, namun produk yang ditawarkan Honor diklaim memiliki harga murah dengan kualitas mewah.

Memang, James menyadari bahwa saat ini Xiaomi bukan lawan yang mudah dikalahkan. Meski begitu, dia meyakini bahwa Honor akan mampu menggeser posisi Xiaomi yang saat ini sudah lebih mapan.

“Kalau ada yang bertanya apakah Honor adalah ‘Xiaomi Killer’, jawabannya adalah iya. Sebab, Honor siap bersaing dengan Xiaomi untuk merebut posisi market leader dan mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia dengan menghadirkan ponsel kualitas flagship dengan harga murah,” pungkasnya.

Diketahui, untuk spesifikasi, Honor 8X hadir dengan panel layar dengan bentang 6,5 inci. Resolusinya sendiri sebesar 1.080 x 2.340 piksel dengan aspek ratio 19,5:9. Untuk jeroannya, Honor menyematkan jagoan terbarunya ini dengan prosesor Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) Kirin 710.

Selain chipset teranyar yang disebut-sebut setara dengan Qualcomm Snapdragon 660, Kirin 710 juga diklaim lebih unggul dari Snapdragon 636. Honor 8X juga hadir dengan padanan RAM dan ROM yang terbilang gambot, yakni 4/128 GB.

Pada sektor kamera, terdapat dua kamera terpasang di bagian belakangnya yang bertindak sebagai kamera utama berkapasitas 20 MP dan 2 MP dengan bukaan f/1.8. Sementara kamera depannya berukuran 16 MP dengan aperture f/2.0.

(ryn/JPC)

Smartphone Honor 8X Akhirnya Hadir di Indonesia, Segini Harganya

JawaPos.com – Hari ini, Selasa (6/11), bukan hanya Xiaomi yang meluncurkan smartphone terbarunya. Brand smartphone Tiongkok lain yakni Honor juga turut merilis produk teranyarnya. Adapun smartphone yang dihadirkan Honor adalah Honor 8X.

Presiden Honor Indonesia James Yang mengungkapkan, Honor 8X hadir dengan banyak keunggulan. “Selain desain menawan, aspek kamera dan dapur pacu juga menggoda,” ungkapnya di acara peluncuran smartphone terbaru Honor 8X di Jakarta.

Honor 8X, menurut James Yang, cocok untuk beragam kebutuhan penggunanya. “Honor 8X berbekal layar yang luas namun tetap nyaman digenggam. Begitu pun kamera dan aspek di balik kap mesinnya. Smartphone ini cocok untuk bermain game, fotografi bak profesional, dan kebutuhan berat lainnya,” terangnya.

Honor 8X, Honor 8X Indonesia, Honor 8X hargaDesain depan smartphone Honor 8X terbaru. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk spesifikasi, Honor 8X seperti pernah diberitakan sebelumnya hadir dengan panel layar dengan bentang 6,5 inci. Resolusinya sendiri sebesar 1.080 x 2.340 piksel dengan aspek ratio 19,5:9. Untuk jeroannya, Honor menyematkan jagoan terbarunya ini dengan prosesor Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) Kirin 710.

Selain chipset teranyar yang disebut-sebut setara dengan Qualcomm Snapdragon 660, Kirin 710 juga diklaim lebih unggul dari Snapdragon 636. Honor 8X juga hadir dengan padanan RAM dan ROM yang terbilang gambot, yakni 4/128 GB.

Pada sektor kamera, terdapat dua kamera terpasang di bagian belakangnya yang bertindak sebagai kamera utama berkapasitas 20 MP dan 2 MP dengan bukaan f/1.8. Sementara kamera depannya berukuran 16 MP dengan aperture f/2.0.

Honor 8X, Honor 8X Indonesia, Honor 8X hargaDesain belakang smartphone Honor 8X terbaru. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Seperti produk Honor terdahulu, Honor 8X hadir dengan desain cantik nan berkilau. Ada pilihan warna hitam, biru, dan merah untuk perangkatnya ini. Sementara urusan kocek, Honor melego peragkatnya ini seharga Rp 3,999 juta untuk varian warna hitam dan biru.

Untuk Honor 8X warna biru dan hitam akan tersedia mulai 8 November mendatang di situs belanja online Shopee. Menyusul penjualan offline, Honor 8X warna hitam dan biru akan tersedia pada 10 November. Sementara untuk warna merah, Honor 8X akan mulai tersedia 14 November secara online dan 17 November secara offline.

(ce1/ryn/JPC)

Smartphone Lipat Samsung Galaxy F Keren Banget, Harganya Rp 30 Jutaan?

JawaPos.com – Inovasi smartphone lipat memang sudah lama bersarang di ‘kepala’ para vendor smartphone. Namun hingga saat ini belum ada yang benar-benar tampak untuk dilihat konsumen seperti apa wujud smartphone lipat dengan keseluruhan layar itu.

Menyoal smartphone yang dapat dilipat seperti amplop, terbaru muncul dari Samsung. Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman SamMobile, Sabtu (3/11), terungkap detail tentang smartphone lipat yang disebut sebagai Galaxy F.

Menariknya lagi, smartphone lipat Samsung tersebut diperkirakan akan dipamerkan bulan ini selama gelaran Konferensi Pengembang Samsung di San Francisco, California, Amerika Serikat (AS). Soal rencana tersebut agaknya masih diam-diam dengan desas-desus yang tak banyak diketahui orang. Namun begitu, informasi terbaru menunjukkan bahwa ponsel pintar tersebut akan diluncurkan awal tahun depan.

Samsung Galaxy F, Samsung Smartphone Lipat, Samsung Galaxy F hargaBocoran desain soal Smartphone lipat Samsung. (WccfTech)

Menurut laporan terbaru, penamaan ‘Galaxy F’ sendiri mungkin mengacu pada kata ‘Foldable’ alias dapat dilipat. Samsung Gaaxy F disebut membawa nomor model SM-F900U. Nomor model tersebut cukup mirip dengan skema penamaan line-up flagship Galaxy S. Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa unit pra-produksi diuji di AS dengan nomor perangkat lunak F900USQU0ARJ5.

Beberapa rumor tersebut juga menunjukkan bahwa handset ini akan menampilkan versi user interface (UI) Android yang unik. Tampilan antarmuka tersebut dikatakan menjadi UI yang dikembangkan dalam kemitraan Samsung dengan Google. Perangkat dengan nomor model SM-F900F dan SM-F900N kabarnya ditujukan untuk pasar Eropa dan Asia. Hal ini merupakan indikasi kuat bahwa smartphone yang dapat dilipat akan tersedia secara global.

Soal spesifikasi pada Samsung Galaxy F tampaknya akan membawa perangkat keras dan menjadi satu-satunya dari line-up Samsung yang hadir menggunakan ‘jantung’ bikinan Intel. Hal lainnya yang patut ditunggu adalah Galaxy F akan membanggakan penyimpanan internal hingga kapasitas 512 GB. Bahkan sejumlah analis sudah memprediksi bahwa Galaxy F menilik spesifikasinya bakalan memiliki tag harga sebesar USD 2.000 atau setara dengan Rp 30 jutaan.

(ryn/JPC)

Honor Magic 2 Meluncur dengan 6 Kamera, Ini Harga dan Spesifikasinya

JawaPos.com – Honor Magic 2 akhirnya benar-benar diluncurkan. Lewat acara yang berlangsung di Beijing, Tiongkok, Rabu (31/10), sub brand dari Huawei itu resmi mengungkap smartphone gahar terbarunya itu.

Sabagaimana JawaPos.com lansir dari laman NDTV, Jumat (2/11), Honor Magic 2 melenggang hampir persis seperti gosip-gosip yang beredar sebelumnya. Salah satu hal yang menarik adalah debut Honor Magic 2 yang melenggang dengan enam buah kamera sekaligus. Tiga di depan dan tiga di belakang.

Memulai dari urusan kamera, Honor Magic 2 memiliki pengaturan kamera belakang triple lens. Kamera ini memiliki sensor utama 16 megapiksel dengan aperture f/1.8, sensor monokrom 24 megapiksel dengan aperture f/1.8, dan sensor 16 megapiksel dengan lensa wide-angle super dengan aperture f/2.2.

Honor Magic 2, Honor Magic 2 harga, Honor Magic 2 spesifikasiHands on Honor Magic 2. (ZDNet)

Selanjutnya, perusahaan ini juga menggembar-gemborkan kehadiran teknologi AI Image Stabilisation (AIS) atau stabilisasi gambar berbasis kecerdasan buatan. Pada bagian depan, smartphone ini memiliki pengaturan kamera triple juga.

Ketiga kamera depannya akan memiliki tugas masing-masing dengan sensor utama 16 megapiksel yang menampilkan aperture f/2.0, dan kombinasi 2 megapiksel plus 2 megapiksel dengan bukaan f/2.4 untuk fitur 3D Face Unlock.

Spesifikasi lainnya dari Honor Magic 2 adalah layar AMOLED Full HD Plus (1.080×2.340 piksel) 6,39 inci dengan kepadatan piksel 403 ppi, dukungan untuk gamut warna DCI-P3 (108 persen), dan rasio layar-ke-tubuh hingga 91,5 persen.

Seperti rumor yang sudah-sudah, Honor Magic 2 didukung oleh HiSilicon Kirin 980 System on Chip (SoC) dengan dua core Cortex-A76 clock pada 2.6 GHz, dua core Cortex-A76 clock pada 1.92 GHz, dan empat Cortex-A55 core clock 1.8 GHz. Urusan penyimpanan, Honor Magic 2 muncul dalam pilihan RAM 6 GB atau 8 GB yang disandingkan dengan penyimpanan internal 128 GB dan 256 GB.

Urusan harga, Honor Magic 2 akan dilego mulai dari CNY 3,799 atau sekitar Rp 8,3 jutaan untuk varian penyimpanan built-in 6 GB RAM dan 128 GB ROM. Harga CNY 4.299 atau sekitar Rp 9,3 jutaan untuk varian penyimpanan RAM 8 GB dan 128 GB ROM. Sementara Banderol CNY 4,799 atau setara dengan Rp 10 jutaan untuk varian penyimpanan 8 GB RAM dan 256 GB ROM.

Honor Magic 2 dalam paket penjualannya dikatakan bakal langsung mengenakan sistem operasi Android terbaru, yakni Android Pie (9.0) dan akan mulai tersedia pada 6 November mendatang di pasar Tiongkok. Hingga berita ini dibuat, belum ada kepastian akankah Honor Magic 2 turut melenggang ke luar pasar Tiongkok termasuk Indonesia di kemudian hari. Untuk market smartphone Indonesia sendiri, Honor diagendakan bakalan merilis smartphone baru pada Selasa (6/11) pekan depan dengan membawa Honor 8X.

(ryn/JPC)

Xiaomi Blunder, Mi 8 Lite Masuk Indonesia Pekan Depan

JawaPos.com – Menjelang tutup tahun 2018, Xiaomi dikabarkan memiliki agenda peluncuran smartphone terbaru. Produk yang ingin diluncurkannya pun agaknya masih abu-abu alias belum jelas. Namun kini gara-gara blunder atau kekeliruan yang tidak sengaja, alih-alih ingin membuat calon konsumen penasaran, produk baru yang akan diluncurkan Xiaomi justru ketahuan.

Pantauan JawaPos.com, blunder tersebut muncul pada platform belanja online Lazada. Melalui situsnya, Xiaomi yang tergabung dalam LazMall Xiaomi Flagship Store di Lazada terlihat menyajikan teaser atau bocoran produk. “Segera hadir produk terbaru dari Xiaomi,” demikian tulis teaser yang disertakan gambar produk tertutup tirai lengkap dengan tanggal 6 November sebagai hari pengungkapan produknya itu.

Jika dilihat dengan saksama, tidak ada yang aneh dari tampilan situs tersebut. Namun, tanpa disadari, Lazada justru mengungkap produk yang akan dirilis dan masih dirahasiakan Xiaomi itu lewat alamat Uniform Resource Locator (URL) yang ada di bagian atas tempat biasa pengguna internet menuliskan alamat situs.

Xiaomi Mi 8 Lite, Mi 8 Lite Indonesia, Xiaomi Mi 8 Lite meluncurBlunder Xiaomi di Lazada akhirnya mengungkap misteri peluncuran Mi 8 Lite. (Screenshot)

Akhirnya terungkap. URL yang ada dalam situs tersebut menampilkan tulisan Mi 8 Lite yang akan menjadi produk terbaru Xiaomi pada Selasa, 6 November 2018. URL tersebut jelas menampilkan tulisan ‘Mi 8 Lite’ di dalam alamat yang menjadi tempat teaser produk itu berada. Dari sana akhirnya jelas terbuka bahwa agenda Xiaomi yang selama ini dirahasiakan memang akan mengungkap Xiaomi Mi 8 Lite.

Pihak Xiaomi Indonesia sendiri ketika beberapa kali dijumpai JawaPos.com memang enggan menyebut secara spesifik kapan Xiaomi Mi 8 Lite yang sudah meluncur di pasar global itu akan hadir di Indonesia. Pun dengan agenda terdekat akan merilis smartphone apa untuk MiFans di tanah air. Namun lewat blunder yang ada di situs belanja online Lazada, tampaknya pertanyaan tersebut sudah terjawab. Xiaomi memang akan merilis Mi 8 Lite pekan depan.

Soal Xiaomi Mi 8 Lite sendiri memang sudah lama terdengar kabarnya di Indonesia sejak perkenalannya di market global beberapa bulan lalu. Xiaomi Mi 8 Lite yang di pasar global memiliki nama Mi 8 Youth itu sebelumnya memang sudah mendapat restu otoritas terkait di Indonesia. Dalam hal ini Kementerian Perindustrian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk urusan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang diajukan oleh Erajaya Swasembada selaku mitra Xiaomi di Indonesia.

Untuk urusan spesifikasi, Xiaomi Mi 8 Lite membawa layar seluas 6,26 inci. Spesifikasi layarnya yakni mengemas panel IPS LCD dengan kemampuan 1080 x 2280 piksel beraspek rasio 19:9 dengan notch di bagian atasnya.

Urusan jeroan, Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260) dengan pengolah grafis Adreno 512. Performanya bersanding dengan penyimpanan RAM dan internal storage yang beragam, yakni 4 GB dan 6 GB untuk RAM, serta 64 GB dan 128 GB ROM.

Perangkat ini hadir dengan baterai berkapasitas 3.350 mAh, kamera utama lensa ganda dengan resolusi 12 MP dan 5MP, dan kamera depan 24 MP. Lainnya dari Xiaomi Mi 8 Lite adalah hadirnya varian warna twilight gold, dream blue, dan deep space gray. Xiaomi Mi 8 Lite dilepas dengan harga termurah mulai dari Rp 2,9 jutaan di pasar global.

(ce1/ryn/JPC)

Bocoran Honor Magic 2 Tampil Keren, Bawa Tiga Kamera Selfie Sekaligus

JawaPos.com – Menjelang hari peluncurannya, smartphone gahar Honor Magic 2 mulai menampakkan diri. Datang dengan konsep kamera slider, Honor Magic 2 digadang-gadang bakal serius menjadi penantang Oppo Find X dan Xiaomi Mi Mix 3 dengan aliran yang sama.

Terkuaknya penampilan Honor Magic 2 agaknya harus membuat kompetitor waspada. Pasalnya, smartphone ini datang dengan serangkaian ide revolusioner.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman TheVerge, Rabu (24/10), mirip dengan bocoran sebelumnya yang tampil dalam sebuah poster, Honor Magic 2 terlihat mengenakan mekanisme kamera geser untuk penempatan kamera swafotonya.

Menariknya lagi, dalam bocoran terungkap bahwa smartphone ini datang dengan sektor kamera belakang triple mirip Huawei P20 Pro. Belum selesai, tampak tiga buah kamera di platform slider-nya yang bertindak sebagai kamera selfie.

Honor Magic 2, Honor Magic 2 bocoran, Honor Magic 2 meluncurBocoran desain smartphone Honor Magic 2. (The Verge)

Menurut bocoran yang beredar, Honor Magic 2 akan hadir dengan kamera swafoto berukuran 16 MP, 20 MP, dan 2 MP. Di antara kamera depan yang disebutkan di atas, kabarnya Honor Magic 2 didukung teknologi Time of Flight (ToF) yang bertugas meng-handle teknologi pengenalan wajah 3D, Augmented Reality, Virtual Reality, Mixed Reality, dan face unlock. Seperti yang ada di Huawei Mate 20 Pro.

Sementara, pada bagian belakang perangkat, menurut laman PhoneArena, Honor Magic 2 juga dibekali tiga buah kamera. Masing-masing kameranya memiliki ukuran 16 MP, 24 MP, dan 16 MP. Namun begitu, masih belum diketahui fungsi dari ketiga kamera utama tadi. Apakah wide, telephoto, monokrom, atau lainnya.

Selain kamera mumpuni, aspek penting lainnya yang membuat Honor Magic 2 menjadi semakin garang adalah hadirnya layar lebar berukuran 6,39 inci. Selain luas karena kamera selfie-nya yang ditempatkan terpisah di panel slider, layar smartphone besutan vendor yang masih saudara Huawei itu juga memiliki material andal berpanel AMOLED dengan resolusi 2.340 x 1.080 piksel.

Honor Magic 2, Honor Magic 2 bocoran, Honor Magic 2 meluncurBocoran desain smartphone Honor Magic 2. (The Verge)

Beralih ke jeroan, seperti pernah diberitakan sebelumnya, performa Honor Magic 2 akan ditenagai dengan chipset Kirin 980 seperti yang hadir pada perangkat Huawei Mate 20 Series.
Perangkat ini juga disebut hadir dengan pilihan RAM 6 GB dan 8 GB serta pilihan memori internal 128 GB dan 256 GB. Sayangnya, pengguna tidak bisa mengekspansi memori lantaran tidak tersedia slot MicroSD pada perangkat flagship besutan Honor ini.

Rumor yang beredar menyebut bahwa perangkat ini akan dipasarkan mulai harga sekitar USD 600 atau setara dengan Rp 9,1 jutaan. Hadirnya Honor Magic 2 juga akan membuat Honor mengalami lompatan dari produsen smartphone menengah ke bawah menjadi pemain flagship juga. Melalui cuitannya di media sosial Tiongkok, Weibo, George Zhao selaku Presiden Honor mengamini bahwa Honor Magic 2 akan meluncur 31 Oktober mendatang.

(ce1/ryn/JPC)

GoPro Hero 7 Resmi Masuk Indonesia, Gambar Anti-shake Tanpa Gimbal

JawaPos.com – GoPro Hero 7 resmi hadir untuk pasar Indonesia. Ada tiga varian produk yang dikenalkan secara global pada akhir bulan lalu itu, yakni Hero 7 Black, White, dan Silver. Namun yang paling ditonjolkan adalah Hero 7 Black. Kamera aksi penerus GoPro Hero 6 itu diklaim andal untuk kebutuhan perekaman dan foto luar ruang bagi penyuka kegiatan ekstrem.

Marketing Manager GoPro Southeast Asia, Sangeet Singh mengatakan, kamera aksi GoPro Hero 7 Black hadir dengan semua ciri yang diinginkan penggunanya yang senang dengan style extreme. “Untuk mendukung kegiatan extreme mereka, perangkat yang dibutuhkan juga harus mumpuni. GoPro Hero 7 Black mewakili semua keinginan mereka,” ujar Sangeet dalam sebuah acara bertempat di Tangerang, Banten, Selasa (23/10).

GoPro Hero 7 Black, lanjut Sangeet, memiliki fitur-fitur unggulan seperti Hypersmooth, Live, Super Photo, dan Timewarp. “Untuk fitur Hypersmooth, prinsipnya sama seperti fungsi seperti Gimbal Camera. Dengan fitur tersebut, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang lebih steady ketika diajak berolahraga extreme yang penuh guncangan. Fitur ini benar-benar batu loncatan GoPro Hero dibanding versi sebelumnya,” terang Sangeet Singh.

HasmyRifani/JawaPos.com (Gopro Hero 7, Gopro Hero 7 keunggulan, GoPro antishaking)

Selain fitur Hypersmooth, keunggulan lain yang menonjol dari GoPro Hero 7 Black ini adalah fitur Timewarp. Fitur Timewarp agaknya mirip dengan Fitur Timelapse foto dan Video. Namun begitu, yang membedakan fitur Timewarp adalah cara kerja Timewarp yang terafiliasi dengan fitur Hypersmooth.

Sederhananya, jika biasanya mengambil gambar Timelapse dibutuhkan posisi diam dan tenang, maka dengan fitur Timewarp mengambil gambar Timelapse bisa sambil diajak bergerak tanpa takut gambar berguncang-guncang.

Selain itu, fitur lainnya yang lebih baru ketimbang versi sebelumnya adalah Super Photo. Dengan fitur ini, kamera GoPro diklaim sanggup mengetahui obyek yang akan di foto. Selain itu juga kamera ini bisa melakukan live streaming di media sosial, orientasi gambar potrait mode, editing singkat lewat kamera, peningkatan kualitas suara, serta mode shortclip untuk 15 dan 30 detik.

Seperti diberitakan sebelumnya, GoPro Hero 7 Black dilepas seharga Rp 6,999 juta. Sementara GoPro Hero 7 Silver memiliki harga Rp 5,499 juta, sedangkan Hero 7 White dibanderol Rp 3,999 juta. Melihat harganya, untuk GoPro Hero 7 Silver dan White tidak disematkan fitur-fitur yang ada pada GoPro Hero 7 Black seperti dijelaskan di atas. Seluruh varian
GoPro Hero 7 telah tersedia di Indonesia lewat jaringan retail Erajaya.

(ryn/JPC)

Anti Smartphone Berponi, Samsung Kembangkan Kamera Selfie Balik Layar

JawaPos.com – Sensor sidik jari di dalam layar sudah diterapkan beberapa vendor smartphone. Ke depan, bukan tidak mungkin menempatkan kamera selfie di balik layar sebuah smartphone. Tujuannya jelas, yakni memperlebar layar smartphone tanpa perlu memikirkan penempatan kamera swafoto.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman TechNave, Selasa (23/10), menempatkan kamera selfie di balik layar sedang dilakukan oleh Samsung. Ya, Samsung dikabarkan tengah mengerjakan proyek terbaru terkait dengan kamera selfie yang berada di balik panel layar smartphone-nya. Dari sana terlihat bahwa Samsung agaknya anti bergabung dengan tren kekinian layar smartphone dengan poni. Istilah kerennya, Samsung anti notch-notch club.

Berita terbaru soal Samsung yang tengah menggarap ide menyembunyikan kamera di balik panel layar terungkap melalui sebuah unggahan Twitter. Jika benar, Samsung bisa menjadi yang pertama melakukannya. Sebab, meski pabrikan Android yang terus mengadopsi takik atau notch semakin banyak, Samsung tampaknya menemukan cara mereka sendiri tentang cara mengintegrasikan kamera depan tanpa memikirkan tempat yang mengganggu layar.

Samsung Galaxy Zero, Samsung Kamera Selfie, Samsung kamera balik layarKonsep render perangkat Samsung masa depan yang disebut Galaxy Zero. (LetsGoDigital)

“Samsung sedang mengerjakan teknologi baru mencoba menyembunyikan kamera depan di bawah layar. Sumber-sumber saya mengatakan kepada saya bahwa sudah ada prototipe yang menggunakan teknologi ini. Saya tidak berpikir kita akan melihat fitur ini di telepon ritel sampai 2020, tetapi siapa yang tahu,” ujar SamsungMobile.News melalui akun @Samsung_News_.

Selain unggahan dari akun Twitter @Samsung_News_, kabar lain soal proyek prestisius Samsung tentang in screen front camera-nya juga terungkap melalui akun Twitter IceUniverse. IceUniverse sendiri merupakan pengulas gadget yang acap memberikan prediksi soal perangkat smartphone. Bukan sekali dua kali prediksi dari pengulas gadget dengan akun Twitter @UniverseIce sering tepat dengan informasi yang akurat.

“Kabar baik! Samsung menetapkan arah desain ponsel di 2019! Pada 18 Oktober, Samsung Display mengundang sekitar 20 pelanggan untuk mengadakan ‘2018 Samsung OLED Forum’ di Shenzhen Marriott Hotel di Tiongkok. Pada pertemuan tersebut, Samsung menunjukkan powerpoint,” ujarnya sembari membagikan foto.

Dalam foto yang dibagikan lewat akun Twitter-nya, tampak Samsung menyajikan presentasi yang menarik. Seperti bisa dilihat, Samsung memamerkan gagasannya tentang teknologi di balik layar smartphone-nya.

Teknologi pertama ada Fingerprint on Display (FoD), Under Panel Sendor (UPS), Haptic on Display (HoD), dan Sound on Display (SoD). Semuanya terangkum dalam slide berjudul Sensor Integrated Technology.

Soal gagasan revolusioner Samsung ini memang bukan yang pertama. Samsung kerap dirumorkan tengah bekerja pada proyek inovatif yang akan membuat konsumennya tercengang. Terbukti, tanpa banyak bicara dan kerap disindir kompetitor, Samsung diam-diam membuat dan mengenalkan perangkat smartphone dengan empat kamera utama Galaxy A9 di Kuala Lumpur, Malaysia beberapa waktu lalu.

Kembali ke teknologi layar dengan notch, Samsung beberapa kali kerap berkomentar bahwa pabrikan asal Korea Selatan (Korsel) itu memang enggan mengenakannya. Vendor yang digawangi DJ Koh itu justru lebih memilih hadir dengan layar penuh tanpa notch yang disebutnya dengan Infinity Display.

(ryn/JPC)

iPad Terbaru Usung Bezel Tipis, Beginikah Tampilannya?

JawaPos.com – Apple telah mengonfirmasi akan menjadi tuan rumah acara pada 30 Oktober mendatang. Dari sana banyak pihak berharap bahwa iPad baru akan diumumkan. Menjelang pengumuman penting Apple dimaksud, sebuah gambar render yang diduga akan menjadi iPad terbaru menyeruak ke permukaan.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman 9To5Mac, Selasa (23/10), line-up perangkat tablet milik Apple, iPad tampil di jagat maya. Kendati hal tersebut berupa render konsep, banyak pihak meyakini bentuk iPad terbaru memang akan seperti itu ketika diungkap nantinya.

Dalam gambar yang beredar, faktanya bukan hanya iPad yang diharapkan ada peningkatan secara internal. Namun juga bisa disegarkan secara eksternal alias mengalami perbaikan dan perubahan bentuk lebih keren.

iPad terbaru, iPad pro 2018, iPad pro bocoranKonsep render diduga iPad terbaru. (Viktor KadarVia9to5Mac)

Seperti bisa dilihat, ada dua unit terbaru yang disebut iPad Pro 2018 tampak dalam gambar. Perangkat tersebut tempil dengan bezel yang jauh lebih ramping dari perangkat iPad sebelumnya. Selain itu, kedua iPad terbaru itu juga diharapkan bakal menjadi representasi dari varian iPad yang akan mengusung bahasa produk yang sama dengan iPhone, yakni X dan XS.

Seperti iPhone, kunci untuk desain iPad Pro 2018 adalah adopsi Face ID. Hal ini akan memungkinkan Apple untuk menghilangkan tombol Home dan melangsingkan bezel di sisi bawah perangkat. Namun, tidak seperti iPhone, pada iPad Pro 2018 tidak ditemui adanya notch atau takik ala iPhone X. Apple diharapkan dapat menyesuaikan kamera dan sensor ke dalam bezel yang tipis.

Hal menarik lainnya selain aspek desain kekinian dengan bingkai tipis dan layar lega, iPad terbaru juga akan mengusung Face ID yang kemungkinan memiliki satu kelebihan dibandingkan iPhone. Ya, fitur tersebut kabarnya dapat bekerja dalam mode lanskap serta orientasi potret.

iPad terbaru, iPad pro 2018, iPad pro bocoranKonsep render diduga iPad terbaru. (Viktor KadarVia9to5Mac)

Dari segi desain, Apple dilaporkan mengambil pendekatan yang berbeda untuk kedua model tersebut. Ukuran layar iPad Pro tidak berubah yakni 12,9 inci serta menggunakan bezel yang lebih ramping untuk mengurangi dimensi eksterior perangkat.

Sementara pada model yang lebih kecil, Apple melakukan hal yang sebaliknya, yakni membiarkan dimensi eksterior tidak berubah, tetapi meningkatkan ukuran layar dari 10,5 inci menjadi 11 inci.

Perpaduan desain baru, model 12,9 inci yang lebih portabel dan ukuran layar yang lebih besar dari versi 11 inci membuat iPad Pro 2018 ada peningkatan dramatis. Bagaimanapun Apple iPad memang mesti mendapat penyegaran. Pasalnya, pasar tablet yang sedang lesu belakangan nyatanya membutuhkan sedikit gebrakan.

(ce1/ryn/JPC)

7.000 Laporan Mengalir ke KPK

Jakarta: Dalam kurun waktu setahun, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima sekitar 7.000 laporan tindak pidana korupsi (tipikor). Laporan itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengungkapkan laporan yang masuk ke KPK didominasi perihal penyimpangan terhadap pelayanan publik dan pengadaan barang dan jasa. Namun, ia mengakui tidak semua laporan itu mengenai korupsi.

“Ada juga soal penyalahgunaan wewenang untuk mengeluarkan izin. Sayangnya, banyak contoh yang tidak jadi kewenangan KPK juga dilaporkan. Misalnya, dilakukan bukan oleh penyelengagra negara, sampai laporan KDRT juga ada,” ungkapnya seusai mengikuti jalan sehat rangakaian Anti-Corruption Summit (ACS) 2018 di Makassar, Minggu, 21 Oktober 2018.

Baca: KPK Terima Laporan Gratifikasi Tiket Asian Games

Secara keseluruhan, lanjut Laode, laporan yang masuk itu terbanyak mengenai pengadaan barang dan jasa, diikuti penyalahgunaan kewenangan, kemudian soal perizinan. “Tiga itu yang paling banyak dilaporkan dan trennya paling tinggi setiap tahun,” ucap Laode.

Kegiatan Anti-Corruption Summit berlangsung selama tiga hari di Makassar. Salah satu perhatian dari kegiatan itu ialah revitalisasi dan penguatan kapasitas pusat kajian antikorupsi. Selain itu, melalui pertemuan tersebut diharapkan terjadi kolaborasi antara perguruan tinggi dan komunitas masyarakat sipil yang semakin kuat.

Laode menjelaskan, sebelum mengelar ACS, KPK telah mendahului kegiatan dengan mengadakan rapat steering committee dan seminar Call for Papers-Jurnal Integritas. Peserta ACS 2018 terdiri dari 150 orang perwakilan pusat kajian antikorupsi, perwakilan perguruan tinggi, perwakilan komunitas masyarakat sipil, dan para penggiat antikorupsi. (LN/P-2)

(YDH)

Apple Siapkan Smartphone Lipat, Begini Bocoran Desainnya

JawaPos.com – Apple tampaknya bakal menghadirkan inovasi termutakhir untuk perangkat smartphone. Paten raksasa teknologi asal Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) itu terungkap ke publik. Ya, Apple dikabarkan tengah mempersiapkan smartphone lipat.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman Patently Apple, Senin (22/10), Apple mengungkap sketsa bakal smartphone lipat yang akan dibesutnya. Seperti terlihat dalam gambar, paten soal smartphone lipat itu berjuluk ‘Flexible display devices’.

Paten tersebut ternyata merupakan kelanjutan dari paten yang dibuat Apple 2016 silam. Dalam paten gambar terlihat desain samping perangkat dengan tampilan fleksibel dengan engsel yang didasarkan pada konfigurasi tautan empat bar.

Apple Siapkan Smartphone Lipat, Begini Bocoran DesainnyaPaten terbaru Apple soal smartphone lipat. (PatentlyApple)

Selanjutnya, dalam gambar tersebut juga mengilustrasikan housing perangkat telah dimanipulasi untuk menempatkan tampilan dalam konfigurasi back-to-back. Alih-alih menggunakan mekanisme engsel, paten Apple tersebut justru menunjukan bahwa penghubung antar sambungan smartphone dapat menggunakan struktur magnetik, pengencang hook-and-loop, struktur kait, dan takik atau struktur kawin lainnya.

Selain itu, seperti bisa disaksikan dalam gambar keempat (FIG 24) desain yang dihadirkan merupakan perangkat dalam konfigurasi tri-lipat dengan konstruksi engsel ganda membentuk pola huruf ‘S’.

Inti dari paten kedua Apple soal gagasan smartphone lipatnya ini adalah menunjukkan klaim paten yang menentukan penambahan pada penemuan asli. Fokus utamanya adalah pada engsel yang fleksibel. Hal tersebut berlaku untuk titik sekunder yang menyentuh pada penggunaan material ‘rumah’ atau tempat komponen penting smartphone.

Dari paten tersebut Apple tampaknya ingin menunjukkan bahwa layar fleksibel itu memungkinkan pengguna mengubah konfigurasi kelengkungan smartphone saat menggunakannya. Seperti sudah dijelaskan di atas, hal tersebut bisa terjadi lantaran Apple menyematkan engsel fleksibel yang secara teknis akan menjadi komponen utama dari seluruh struktur tubuh perangkat.

Terlepas dari paten yang dikantongi Apple soal smartphone lipat, hal itu bisa saja menjadi tanda bahwa perusahaan rintisan mendiang Steve Jobs itu serius ingin menggarap smartphone lipat. Meski belum tahu kapan akan terwujud, setidaknya apa yang dilakukan Apple mungkin bertujuan untuk mengimbangi kompetitor seperti Samsung dan Huawei yang juga gencar mengembangkan smartphone lipat.

(ryn/JPC)

Xiaomi Mi 8 Lite akan Hadir dengan Warna Baru dan RAM 8 GB

JawaPos.com – Xiaomi Mi 8 Lite akan mendapatkan pembaruan warna. Smartphone yang kemungkinan bakal hadir di Indonesia itu juga akan mendapat peningkatan RAM hingga 8 GB.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman GSMArena, Senin (22/10), kabar pembaruan Xiaomi Mi 8 Lite atau disebut juga Mi 8 Youth tersiar dari regulator telekomunikasi di Tiongkok (TENAA). Menurut laporan TENAA baru-baru ini, Xiaomi Mi 8 Lite mungkin mendapatkan lapisan cat baru juga upgrade memori hingga 8 GB RAM. Jika benar, hal tersebut tentu menjadi kabar gembira bagi calon konsumen yang menginginkan kapasitas RAM lebih besar untuk performa lancar.

Sebagaimana bisa dilihat, perangkat dengan kode M1808D2TT itu tampak mengesankan dalam tampilan yang disebut sebagai dual-colors. Bagian belakang dan depan unitnya berwarna hitam yang dipadukan dengan warna merah atau mungkin merah muda di tepian dan frame kamera.

Sisi lainnya dari perangkat Xiaomi Mi 8 Lite dengan warna baru ini adalah bingkai tengah dan aksen tepian kamera. Selain warna yang disinggung tadi, Xiaomi Mi 8 Lite menurut laporan TENAA lainnya juga menampilkan warna putih. Opsi warna putih sejauh ini memang belum sampai ke rak penjualan Xiaomi Mi 8 Lite.

Selain eksterior dan RAM yang mendpatkan peningkatan, aspek lain dari Xiaomi Mi 8 Lite tetap tidak berubah. Beberapa spesifikasi dasar termasuk layar IPS 6,26 inci, 1.080 x 2.280 piksel, chipset Snapdragon 660, penyimpanan internal 64 GB atau 128 GB (meskipun ada sebutan 32 GB dan tingkat 256GB yang tersebar di sekitar TENAA juga), juga kamera 12 MP dan 5 MP kamera utama dan baterai 3.350 mAh.

Untuk pasar Indonesia sendiri, kabar soal peluncuran Xiaomi Mi 8 Lite memang belum terkonfirmasi langsung oleh pihak bersangkutan. Pasalnya, baik Xiaomi Indonesia maupun rekanan mereka di tanah air, Erajaya Swasembada masih belum mau mengungkap kapan kedua smartphone tersebut akan melenggang.

Meski kedua belah pihak yang berkepentingan masih bungkam, namun kabar soal meluncurnya dua smartphone terbaru Xiaomi diamini oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) lewat Ditjen SDPPI, juga laman P3DN Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Dua merk dan model yakni MI & M1808D2TG yang selanjutnya disebut Mi 8 Lite kedapatan telah nangkring di kedua situs Kementerian tersebut. Sertifikat diajukan oleh Erajaya Swasembada dengan masa berlaku hingga 21 September 2021. Mengacu pada kebiasaan Xiaomi, perangkat yang sudah hadir di situs-situs regulator bisa menjadi tanda bahwa peluncuran produk tidak akan lama lagi.

(ryn/JPC)

Axis Kenalkan Paket Bundling Hyphone, Ponsel Pintar Rp 749 Ribuan

JawaPos.com – XL Axiata melalui brand Axis kembali mengenalkan paket bundling. Dengan menggandeng vendor lokal SPC Mobile, Axis menghadirkan smartphone ekonomis bernama Hyphone 4G dan Hyphone Pro.

Director Commercial XL Axiata Allan Bonke mengatakan, keseharian anak muda generasi digital yang tak bisa lepas dari aktivitas streaming musik, game online, dan chatting, menjadi alasan perilisan smartphone ini. “Apa yang kalian butuhkan dalam sebuah perangkat smartphone? Musik, games, chatting atau streaming musik dan video? Semuanya ada di sini,” ujarnya dalam acara peluncuran smartphone Hyphone di Jakarta, Sabtu (20/10) malam.

Allan melanjutkan, perangkat ini merupakan smartphone pertama dari Axis. Perangkat smartphone yang dikhususkan untuk anak muda ini hadir dengan harga yang bersahabat. “Selain murah, smartphone ini dilengkapi dengan paket menarik yang akan memenuhi kebutuhan anak muda yang aktif,” imbuh Allan.

Axis Hyphone Pro, Axis dan SPC Mobile, Axis smartphone bundlingDirector Commercial XL Axiata, Allan Bonke (ketiga kiri) bersama Head Youth Marketing Communication XL Axiata, Randu Zulmi (kedua kiri) di acara peluncuran smartphone Hyphone di Jakarta, Sabtu (20/10) (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Head Youth Marketing Communication XL Axiata Randu Zulmi dalam kesempatan yang sama menambahkan, Hyphone tersedia lengkap beserta akses ke layanan musik, game, dan chat. “Paket ini sangat pas untuk anak-anak muda yang membutuhkan sarana akses ke layanan digital dengan harga yang bersahabat,” jelas Randu.

“Selain itu, dalam pembelian smartphone Hyphone di dalamnya sudah termasuk mendapatkan paket berlangganan layanan musik streaming Joox, games AOV, dan FreeFire, serta aplikasi chatting Line. Kemudian tersedia pula kuota 1 GB gratis selama 12 bulan dengan pengisian pulsa hanya 25 ribu saja,” jelas Randu.

Seperti disinggung di atas, Axis Hyphone yang menggandeng brand smartphone SPC ini hadir dalam dua varian. Pertama ada Hyphone 4G yang bisa didapatkan dengan harga Rp 749 ribu. Dengan harga segitu, pembeli diberikan smartphone yang dilengkapi OS Android Oreo Go edition terbaru.

Smartphone ini memiliki layar berukuran 5 inci dengan tampilan 16:9 dan Multi Touch Screen. Hyphone 4G juga dibekali kamera beresolusi 5 MP (depan) dan 5 MP (belakang). Sementara untuk penyimpanan tersedia memori RAM 1 GB dan ROM 8 GB. Untuk kebutuhan pengguna, Axis Hyphone 4G dilengkapi baterai berkapasitas 2.000 mAh yang diklaim memiliki daya tahan nonton video hingga 4,5 jam, daya tahan bicara hingga 10 jam, dan standby time hingga 200 jam.

Produk kedua, ada Axis Hyphone Pro. Seperti namanya, perangkat ini dijual lebih canggih dan lebih mahal sedikit dari Hyphone 4G. Axis Hyphone Pro dilego sebear Rp 999 ribu dan disematkan OS Android Oreo terbaru. Sama seperti Hyphone 4G, smartphone ini hadir dengan layar berukuran 5 inci dan baterai 2.000 mAh.

Bedanya, Axis Hyphone Pro hadir dengan memori lebih lega, yakni RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Kameranya juga memiliki resolusi yang lebih mumpuni yakni beresolusi 8 MP (depan) serta 8 MP (belakang). Fitur keamanan finger print turut hadir pada versi Pro Axis Hyphone ini.

Selain bonus paket unlimited streaming musik, gaming, serta chatting selama satu tahun penuh, Hyphone juga dilengkapi dengan bonus earphone, sedangkan Hyphone Pro memberikan bonus Silicon Case. Pelanggan dan masyarakat bisa membelinya melalui e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada sejak smartphone ini pertama dikenalkan.

Namun untuk ketersediaan offline di toko handphone yang bekerja sama dengan Axis dan SPC Mobile, perangkat ini baru akan tersedia mulai 1 November mendatang.

(ryn/JPC)

Xiaomi Mi Mix 3 Hadir dengan Teknologi 5G dengan RAM Superbesar?

JawaPos.com – Menjelang hari peluncurannya yang tinggal menghitung hari, Xiaomi Mi Mix 3 pelan-pelan mulai menampakan diri. Beberapa penampakannya pun mirip dengan yang belakangan beredar di jagat maya.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman GSMArena, Sabtu (20/10), Xiaomi Mi Mix 3 kini tampil menunjukkan dual kamera depannya. Persis seperti rumor yang menyebut bahwa smartphone tersebut bakalan tampil dengan gaya kamera pop-up. Kamera depannya pun menempel pada modul mekanikal yang bisa naik dan turun. Salah satu ukuran kameranya diketahui mencapai 24 MP.

Selain itu, seperti bisa dilihat dalam gambar, smartphone dengan gaya kamera ala periskop kapal selam itu menjadikan rasio layar ke bodinya semakin tipis. Akibatnya, layar menjadi terkesan lega dengan kesan hampir tanpa tepi alias bezel.

Mi Mix 3, Xiaomi Mi Mix 3, Mi Mix 3 bocoranPoster tanggal peluncuran Xiaomi Mi Mix 3, yakni 25 Oktober mendatang. (TimesNow)

Bocoran gambar yang terlihat dalam genggaman seseorang itu juga mengamini gosip sebelumnya. Xiaomi Mi Mix 3 dengan modul kamera pop-up-nya akan tampil mirip produk kompetitor, Oppo Find X.

Xiaomi Mi Mix 3 kabarnya akan diumumkan di pasar global 25 Oktober mendatang. Sejauh ini belum diketahui apakah Mi Mix 3 akan dibawa ke Indonesia atau tidak. Oppo Find X malahan sudah hadir lebih dulu untuk market smartphone tanah air.

Selain menampilkan desain body bagian depan, lengkap dengan dual kamera set-up yang tertanam pada slider board kamera, sspek lain yang telah dibuka Xiaomi tentang smartphone terbarunya ini adalah dukungan RAM jumbo. RAM-nya dikabarkan bakal hadir dengan varian tertinggi hingga 10 GB. Selain itu, kabar soal dukungan kesiapan koneksi 5G juga hadir pada perangkat ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Xiaomi disebut bakalan merilis smartphone terbarunya itu pada 15 Oktober kemarin. Namun kabar tersebut rupanya meleset. Kabar lain mengungkap sebuah poster bahwa Xiaomi akan menghelat hajatan pada 25 Oktober mendatang. Poster tersebut lengkap menampilkan produk Mi Mix 3 dengan kamera pop-up-nya.

(ryn/JPC)

Infinix Kenalkan Hot S3X dan Hot 6 Pro dengan Varian Warna Baru

JawaPos.com – Smartphone Infinix Hot S3X yang mengusung layar berponi dengan harga murah kini memiliki varian warna baru. Sebelumnya, pada Agustus lalu smartphone ini hanya dirilis dengan varian warna Milan Black alias hitam saja.

Marketing Manager Infinix Indonesia Boron Zhang mengatakan, varian warna baru Infinix Hot S3X ini akan cocok dipadu-padankan dengan busana dari penggunanya. “Para X-fans (fans Infinix) kini dapat memiliki produk terbaru Infinix yakni Aqua Blue,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

“Bersama dengan warna baru untuk Infinix Hot S3X, Infinix juga menambahkan varian warna merah untuk Infinix Hot 6 Pro. Kedua produk dengan varian warna terbarunya kini sudah tersedia pada toko online resmi Infinix di Shopee,” imbuhnya demikian.

Infinix Kenalkan Hot S3X dan Hot 6 Pro dengan Varian Warna BaruInfinix Hot S3X dengan varian warna baru. (Istimewa/Infinix)

Sebelumnya, baik Infinix Hot S3X dan Infinix Hot 6 Pro memang hanya memiliki satu varian warna saja, yaitu warna hitam. Bukannya tanpa alasan, Infinix selalu memilih warna hitam untuk perilisan produknya. Pasalnya, mereka menilai bahwa warna hitam lebih menarik dan unik. Karenanya, hitam itu seperti sudah menjadi warna wajib bagi Infinix setiap penjualan perdananya.

Lebih lanjut, kehadiran warna baru Infinix Hot S3X diharapkan akan terus meningkatkan tren positif penjualannya di Indonesia. Pasalnya, Infinix Hot S3X diakui mendapatkan antusiasme luar biasa dari para pecinta gadget tanah air dengan terjualnya 5.000 unit smartphone tersebut dalam flash sale perdananya akhir Agustus lalu.

Untuk Infinix Hot S3X, seperti diberitakan sebelumnya, ponsel pintar ini dibekali dengan prosesor Snapdragon 430 octa-core 1.4 GHz 64-bit Cortex-A53. Tak lupa ruang simpannya pun terbilang lega untuk harga di kelasnya, yakni RAM 3 GB yang dipadankan dengan memori internal 32 GB.

Infinix menyematkan kamera ganda pada sektor kamera utamanya. Adapun ukuran resolusinya yakni 13 MP dan 2 MP dengan bukaan f/1.75 yang mendukung foto bokeh. Sementara untuk kamera depannya memiliki resolusi 16 MP f/2.0.

(ryn/JPC)

Tren Smartphone Banyak Kamera: Samsung Galaxy A9 Vs Huawei Mate 20

JawaPos.com – Persaingan antarvendor smartphone semakin ‘panas’. Inovasi termutakhir terus dihadirkan demi menggaet pasar lebih banyak. Salah satu yang tengah menjadi tren saat ini adalah sektor kamera smartphone. Lebih tepatnya soal kuantitas atau banyaknya lensa yang tersemat di smartphone.

Tren banyak kamera pada smartphone awalnya memang karena ‘ulah’ Huawei dengan produk P20 Pro. Kesuksesan flagship-nya itu rupanya membuat Huawei berani vokal dengan mengejek Samsung. Termasuk raksasa Amerika Serikat (AS), Apple, yang juga sempat kena ‘nyinyiran’ Huawei. Samsung dan Apple sama-sama kena ejekan Huawei lantaran produknya yang dicap minim upgrade. Salah satunya menyangkut kamera.

Namun, Samsung rupanya tak tinggal diam. Pabrikan Korea Selatan itu membalas ejekan Huawei dengan mengenalkan produk revolusioner. Ya, dialah Samsung Galaxy A9 yang hadir dengan empat kamera belakang sekaligus. Kehadiran Samsung Galaxy A9 tersebut semestinya bisa membungkam Huawei. Pasalnya, jika selama ini yang dibanggakan adalah smartphone dengan tiga kamera utamanya yang juga baru hadir di Mate 20 Series, Huawei seharusnya kalah dari Samsung yang kini punya empat kamera utama sekaligus.

Lantas bisakah Samsung dengan empat kamera pada Galaxy A9-nya menaklukkan dominasi Huawei dengan tiga kameranya? Berikut JawaPos.com coba berikan ulasannya. Namun sebelum melangkah lebih jauh, perlu digarisbawahi bahwa ulasan kami hanya merujuk pada perbandingan spesifikasi kamera saja. Ingat ya sektor kameranya saja. Dari sana kemudian calon konsumen bisa menilai mana perangkat yang pantas menjadi juara.

Pertama, sebelum membandingkan kamera kedua perangkat di atas, kami akan sedikit menyinggung soal Huawei dengan tiga kamera utama yang hadir di perangkat P20 Pro-nya yang kemudian diadopsi di Huawei Mate 20 Series. Saat ini Huawei masih berada di puncak klasemen sebagai smartphone dengan hasil kamera terbaik. Hal tersebut merujuk pada situs pengujian kualitas kamera DxOMark.

Hingga kini, laman DxOMark masih menampilkan Huawei P20 Pro di posisi nomor satu dengan perolehan skor 109. Berada di bawahnya iPhone XS Max dengan skor 105 dan di posisi ketiga ada HTC U12 Plus dengan skor 103. Sementara Samsung dengan perangkat flagship-nya Galaxy Note 9 hanya berhasil di posisi keempat dengan skor 103.

Dari perolehan skor versi DxOMark seharusnya sudah cukup menggambarkan siapa yang jadi juara. Keberhasilan Huawei P20 Pro pun tampaknya akan diikuti penerusnya yakni Mate 20 Series atau lebih spesifik Mate 20 Pro.

Eits, tapi tunggu dulu. Hal tersebut jika acuannya adalah kualitas ya. Bagaimana jika bicara kuantitas, dalam hal ini Samsung dengan Galaxy A9-nya yang membawa empat kamera utama? Akankah dari segi kuantitas atau jumlah yang lebih banyak akan merepresentasikan keberhasilan? Belum tentu, mari kita jabarkan satu-satu performa kameranya.

Huawei Mate 20 Series

Huawei Mate 20 Series yang menjadi penerus kesuksesan Huawei P20 Pro dengan tiga kamera hadir dengan tiga varian sekaligus. Pertama ada Huawei Mate 20 (biasa), Huawei Mate 20 Pro, dan Huawei Mate 20 X. Ketiga perangkat tersebut hadir dengan set-up tiga kamera utama, namun khusus untuk Huawei Mate 20 Pro ukurannya sedikit berbeda dari varian lainnya.

Untuk Huawei Mate 20 Pro, untuk kualitas kameranya tersemat kemampuan 40 MP (f/1.8) 27 mm (wide) 1/1.7 phase detection auto focus (PDAF) dan Laser AF, 20 MP (f/2.2) 16 mm (ultrawide)1/2.7 PDAF dan Laser AF, serta 8 MP (f/2.4) 80 mm (telephoto) 1/4 5x optical zoom, optical image stabilization (OIS) PDAF dan Laser AF. Itu baru untuk kamera utama. Sementara untuk kamera selfie tersemat kemampuan 24 MP (f/2.0) 26 mm (wide).

Beralih ke produk selanjutnya dari Huawei Mate 20 Series, ada Huawei Mate 20 (biasa). Seperti disinggung di atas soal Huawei Mate 20 Series yang memiliki perbedaan kamera. Huawei Mate 20 (biasa) hadir dengan fitur kamera yang tidak se-advance Huawei Mate 20 pro.

Untuk kemampuan kameranya, Huawei Mate 20 (biasa) hanya dibekali dengan 12 MP,(f/1.8) 27mm (wide) 1/2.3, 16 MP (f/2.2) 17 mm (ultrawide), dan 8 MP (f/2.4) 52 mm (telephoto). Pada bagian depan, Huawei Mate 20 (biasa) sama dengan Huawei Mate 20 Pro, yakni sama-sama mengusung kamera depan 24 MP (f/2.0) 26 mm (wide).

Pada produk ketiga dari keluarga Mate 20, ada Huawei Mate 20 X. Huawei Mate 20 X hadir sebagai versi gaming dari family Mate 20. Namun bukan itu yang ingin kami bahas. Untuk kameranya, Huawei Mate 20 X hadir dengan set-up kamera yang mirip dengan versi Mate 20 Pro. Pun dengan kamera depannya yakni 24 MP (f/2.0) 26 mm (wide).

Beberapa fitur kamera dari Huawei Mate 20 Series sama. Semua perangkat bikinan vendor Tiongkok ini sama-sama hadir dengan beberapa fitur kunci seperti Leica optics, dual-LED dual-tone flash, panorama, dan HDR untuk kebutuhan foto. Sementara untuk video, kamera dari Huawei Mate 20 Series memiliki kemampuan perekaman 2160p pada 30fps, 1080p pada 60fps, 1080p pada 30fps (gyro-EIS) serta 720p pada 960fps. Untuk kamera depannya yakni 1080p pada 30fps.

Gandeng Pabrikan Lensa Kenamaan

Untuk kemampuan kamera, seperti diketahui, Huawei sejak lama mengenalkan perangkat tiga kamera utama menggandeng pabrikan lensa kenamaan Leica. Hadirnya Leica pada perangkat kamera smartphone Huawei bisa jadi faktor utama kesuksesan perangkat ini untuk hasil gambar yang dibidik.

Sekadar informasi, Leica adalah merek kamera yang diproduksi perusahaan Jerman bernama sama, yakni Leica. Dalam sejarahnya, perusahaan yang memproduksi kamera ini dulunya bernama Optische Institut von Ernst Leitz of Wetzlar atau Pabrik Optik Leitz Wetzlar dan didirikan pada 1869 khusus untuk memproduksi mikroskop.

Dalam perkembangannya, perusahaan yang berdiri di Wetzlar, Jerman, ini memproduksi kamera, lensa untuk kebutuhan fotografi, binoculars, lensa ophthalmic, dan perangkat lainnya yang masih berkenaan dengan produk lensa. Termasuk kerja sama dengan vendor smartphone, Huawei.

Samsung Galaxy A9

Huawei dengan tiga kamera utamanya yang kembali dihadirkan lewat Mate 20 Series rampung dibahas. Kini, berada di tempat selanjutnya yang memiliki tujuan untuk ‘menggeser’ Huawei, ada Samsung Galaxy A9. Galaxy A9 seperti sudah dibicarakan sedikit di atas hadir dengan empat kamera utama. Jika ditambah dengan kamera swafoto maka total menjadi lima kamera yang tersemat pada perangkat smartphone ini.

Untuk urusan kemampuan, berdasarkan rangkuman JawaPos.com, Samsung Galaxy A9 hadir dengan empat kamera yang terbagi atas beberapa kebutuhan. Dalam perangkat tersebut setidaknya ada lensa 8 MP (f/2.4) 120 derajat (ultra wide), 10 MP(f/2.4) 2x Optical Zoom (telephoto), 24 MP(f/1.7) clear and bright (main camera), serta 5 MP (f/2.2) live focus (depth camera). Sementara pada bagian depan ada lensa 24 MP (f/2.0).

Beberapa fitur penting atas kamera Samsung Galaxy A9, antara lain, LED flash, panorama, dan HDR untuk kebutuhan fotografi. Sementara untuk kebutuhan videografi ada 2160p pada 30fps, 1080p pada 30fps, serta 1080p pada 30fps untuk kamera depan. Untuk fitur kamera, sayangnya Samsung tidak menggandeng produsen lensa kenamaan seperti yang dilakukan Huawei dengan Leica. Apa yang dilakukan Huawei yang kemudian tidak dilakukan Samsung, kemungkinan akan membuat Samsung untuk kebutuhan kameranya tidak secemerlang Huawei.

Huawei bisa dibilang unggul lantaran menggandeng pabrikan lensa kenamaan. Kualitasnya pun tak diragukan lagi. Namun, Samsung menang dalam urusan jumlah kamera dibanding Huawei. Hadirnya kamera lebih dari satu atau seterusnya pada smartphone sebenarnya merupakan salah satu cara untuk menyamakan kualitas agar serupa kamera profesional (konvensional). Begitu pun cara kerjanya. Kamera banyak bisa menghasilkan gambar resolusi tinggi dengan menggabungkan data dari beberapa lensa kamera. Tentunya ini melalui perhitungan yang rumit.

(ryn/JPC)